Seleksi Warna Menggunakan Mask

Pernah liat foto yang hitam-putih tapi ada warna lain yang muncul entah kenapa. Loh, kok bisa? Itu MUKJIZAT! *sujud*. Haha, ya enggalah.. Jaman sekarang tuh rekayasa foto udah biasa dan bisa dilakukan sama semua orang.

Okeh daripada ceramah gak karuan, mending saya langsung tu de poin aja. Berhubung saya udah lama ga update disini nih.. Maklum sibuk. Tools yang saya pake disini tuh Adobe Photoshop CS6 yang trialnya tinggal 12 hari lagi, maklum saya ga punya duit... Tapi tutorial ini bisa dipraktekin ke semua versi photoshop.

Seleksi warna memang banyak caranya, namun kali ini saya akan mengunakan cara masking. Agak lumayan ribet dan butuh kesabaran ekstra.. Maklum kan namanya juga sabardotkom, jadi mesti sabar. Model di foto ini adalah keponakan saya, dia lagi mewek, tapi meweknya ilang pas dipoto beberapa kali. Kecil-kecil narsis emang.. -_-



Pertama buka foto di photoshop, trus duplikat layer backgroundnya..


Trus tekan Ctrl + SHIFT + U (desaturate) di layer yang udah di duplicate, trus klik mask yang dilingkari di gambar.
 Kalo udah klik brush Tool (B) buat pake brush tool dan ubah warnanya jadi item. Biar ada efeknya di mask nanti.


Nah ini yang butu kesabaran, gores-gores brush di sekitar baju atau objek lain yang pengen warnanya terlihat di antara hitam-putih yang dominan (apa sih nih kalimat?). Disini emang harus sabar, atur-atur aja ukuran brush trus zoom in/zoom out biar hasilnya bagus.



 Kalo udah semua.. Ya udah.. Mau ditambahin efek apa juga silahkan, kalo saya sih mau nambah watermark aja biar yang mau copas ada usaha dikit. Hehe... Tuh, bagus kan?


Model   : Arsyifa Aulia Sabar
Camera : Nokia Asha 306 (2.0 MP)
Editor   : @dwisabar

3 comments: